Minggu, 30 Agustus 2009

Institusi Sosial, Jaringan Sosial dan Dukungan Sosial

Lembaga Sosial

Menurut John Lewis Gillm dan John Philp Billn pengertian lembaga sosial adalah suatu lembaga sosial merupakan suatu organisasi pola pemikiran dan pola prilaku yang terwujud melalui aktivitas kemasyarakatan.


Aksi Sosial Samsung Cari Dukungan Online

Samsung kembali menyisihkan hasil penjualan perangkat elektroniknya sebanyak US$ 90 ribu untuk diperebutkan tiga yayasan nirlaba terpilih di Indonesia berdasarkan fokusnya pada pengembangan pendidikan anak-anak kurang beruntung dari berbagai usia.

Anda, para pengguna internet pun bisa turut membantu meningkatkan dana tambahan yayasan tersebut dengan cara ikut berpartisipasi menyampaikan dukungan sosial secara online.

"Masing-masing yayasan akan menerima bantuan dasar sebesar US$ 10 ribu. Namun, mereka juga bisa mendapat tambahan dana berdasarkan suara kepedulian yang mereka dapatkan dari masyarakat melalui situs www.samsunghope.org," kata Corporate Marketing Samsung, Shinta Wardiastuti, melalui webconference yang transkripnya detikINET kutip Jumat (12/12/2008).

Ketiga yayasan nirlaba yang dipilih Samsung adalah Kandank Jurank Doank atau KJD, DILTS Foundation, dan Neno Edu Care. Bagi KJD, yayasan yang dipimpin presenter olahraga Dik Doank ini telah dua kali menerima bantuan dari Samsung.

Sementara, bagi Neno Edu Care milik artis Neno Warisman dan DILTS Foundation, bantuan ini merupakan kali pertamanya mereka terima dari vendor elektronik raksasa asal Korea tersebut.

Senada, ketiga pimpinan yayasan tersebut mengaku senang dan berjanji akan memanfaatkan sebaik-baiknya dana yang diterima. Neno Warisman bahkan mengatakan, jika dana bantuan itu tersisa, ia akan membuat video edukasi tentang seks dan remaja.

Sejatinya, Samsung Hope merupakan perluasan program Corporate Social Responsibility yang semula bertajuk Samsung Digital Hope. Program yang telah berjalan sejak 2003 silam itu mulanya ditujukan untuk membantu mengikis jurang kesenjangan digital di negara-negara berkembang.

Dalam program Samsung Hope kali ini, total dana bantuan yang digelontorkan sebanyak US$ 700 ribu untuk 21 yayasan anak di seluruh Oceania dan Asia tenggara termasuk Indonesia. Sementara dalam Samsung Digital Hope tahun lalu, dana US$ 2,2 juta telah dialokasikan untuk sekitar 600 ribu pemuda dan penyandang cacat dari 54 yayasan di wilayah negara yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar